Rabu, 11 Januari 2017

Tips Membeli Pasir dan material Lain

  saya terangkan beberapa pengalaman pribadi saya bukan hasil kutipan atau kopi paste. Tips pengalaman buat anda yang akan membeli barang material pasir atau beberapa jenis material yang lain khususnya untuk wilayah Bogor Jawa Barat dan DKI Jakarta Indonesia Asia Tenggara. Tapi khususnya yang saya berikan informasi tips disini adalah material pasir karena untuk yang lain agak berbeda pola tipsnya.
Pasir Cimangkok Truk LC 22 m3

  Baiklah kita mulai dari jenis pasir dan karakter pasir yang akan kita butuhkan dan perlukan harus sesuai. memang pasir secara awam sama saja tetapi sebenarnya banyak jenisnya yang dapat menentukan kualitas bangunan yang akan kita buat. Atau sebaliknya dapat juga keahlian kita yang dapat menentukan pasir yang biasa dan murah tetapi dapat memaksimalkan kualitas bangunan yang akan kita buat. Pintar -pintar kita dalam meramu adonan pasirnya.


  Pasir Cimangkok jenis pasir hitam yang berasal dari lokasi tambang daerah cimangkok sukabumi Jawa Barat, mempunyai karakter yang kuat untuk pembuatan cor dan plester rumah dan bangunan lain mempunyai ciri selain warna hitam adalah mempunyai biji kerikil yang halus kecil cendrung bulat utuh tidak pecah. Yang paling bagus untuk pekerjaan pengecoran ada yang butirannya memang lebih besar dan kasar.
 Biasanya dalam keadaan basah karena lokasi sistim cara menambangnya menggunakan air yang disemprotkan ke tanah yang mengandung pasir sehingga tercuci bersih dan memisahkan dari kandungan lumpurnya kemudian dipompa dengan mesin yang biasa disebut foton untuk di tempatkan dalam suatu bak penampungan biasa disebut kobakan yang juga berisi air setelah melewati penyaringan terleh dahulu untuk memisahkan batu yang besar biasa disebut sirtu juga memisahkan limbah lain yang tercipta dari hasil pemompaan pasir tadi berupa lumpur pasir biasa disebut elot atau lempung.

Pasir Rangkas dan Cilegon
  Setelah berada di bak penampungan akhir atau kobakan seperti bak kolam renang besar berisi pasir dan air yang sudah bersih kemudian pasir menggunakan becow atau excafator  siap di muat ke dalam truk, karena proses muat ke truk bersamaan dengan bercampurnya air sehingga pasir ini cendrung basah dan masih menetes apabila sampai ditempat tujuan tergantung jarak tempuh tujuan truk masih dalam keadaan meneteskan air.

  Pasir jenis ini menjadi salah satu jenis yang diminati di pasaran terutama untuk daerah Bogor jakarta dan sekitarnya. tetapi tidak menutup kemungkinan untuk diluar jangkauan itu bisa mendapatkan pasir cimangkok dengan menyesuaikan harga tentunya. Harga pasir ini menggunakan truk tronton dengan kapasitas muatan bak sebesar 22 m3 kalau sudah di turunkan dari truk dan menjadi kering pasir ini dapat mekar menjadi 24 m3. Harga di wilayah bogor berkisar lima juta lima ratus ribu rupiah untuk jakarta bisa mencapai enam juta rupiah. Untuk pembelian langsung di lokasi tambang menggunakan armada truk sendiri berkisar dua juta sembilan ratus ribu rupiah sampai dengan tiga juta tiga ratus ribu rupiah. Harga berbeda antara tambang yang satu dengan yang lain mengingat ada puluhan tambang yang berada disana. Harga eceran perkubik Dua ratus tujuh puluh lima ribu rupiah. Tips : Hati - hati dengan pasir yang bukan cimangkok, biasa juga di campur abu batu atau pasir lain, dan tidak basah, muatan yang kurang dari kapasitas truk.

  Pasir Rangkas sesuai namanya pasir berasal dari tambang daerah Rangkas Banten Jawa Barat. Warna putih mengkilap cendrung ke abu-abuan berbiji seperti kaca tidak terlalu bulat seperti pecahan kecil butirannya. Penambangannya menggunakan air jadi cendrung basah tetapi tidak terlalu banyak tetesan airnya karena celah antara butiran pasir tidak terlalu rapat. Pasir agak kasar bagus buat pengecoran dan plester rumah dan sebagai alternatif pasir cimangkok dengan harga yang dibawah pasir cimangkok dengan selisih lima ratus ribu rupiah. Harga eceran dua ratus lima puluh ribu rupiah. Tambang pasir Rangkas terdiri dari daerah perbukitan dan sedikit menjorok kedalam, lain hal tambang pasir Cimangkok mempunyai lokasi yang dalam ke bawah tanah membentuk danau. Tips : Hati -hati tidak asli bisa di campur dengan pasir cilegon kasat mata serupa.

  Pasir Cilegon Bentuknya halus lembut bila tertiup angin akan terbang seperti debu ada sedikit kasarnya berwarna abu-abu kadang merah. Berasal dari daerah Cilegon Jawa barat. Pasir jenis kering tetapi ada yang sudah dicuci dengan harga selisih lebih mahal. Ada sedikit batu sebesar biji salak kalau dicermati seperti batu apung karang mempunyai pori-pori. Bila tergenang air sebagian mengambang. Kalau terkena hujan akan susut sampai 75 % karena terbawa air menjadi lumpur. Akan menjadi bagus bila sudah di cuci menyerupai pasir rangkas. Harga Pasar Bogor Untuk satu truk tronton tiga juta lima ratus ribu rupiah dengan muatan truk  27 s/d 30 m3 lebih besar karena muatan menjulang keatas seperti gunung. Harga eceran seratu lima puluh ribu rupiah / kubik. Biasanya pemborong dan tukang lebih memilih pasir ini karena lebih murah dan mudah dalam proses plester tembok rumah / pulen lembek seperti kelebihan semen. Hati - hati juga kurang semen kualitas jadi jelek. Untuk pekerjaan pengecoran cari yang cuci atau di campur pasir cimangkok agar lebih kuat. Tips : Hati - hati dengan kubikasi muatan yang kurang, terdapat campuran teras (bahan pembuatan batako).

  Sekian beberapa pengalaman pribadi yang saya curahkan diblog ini hanya untuk bebagi informasi saja untuk yang membutuhkan tidak bermaksud mempunyai pikiran yang negatif tetapi apa adanya sesuai kemampuan dalam memberikan informasi dan kejadian pengalaman seseorang juga berbeda. Kritik dan saran silahkan di komen saja. Terima Kasih.




1 komentar:

  1. bingung untuk mengirmkan barang anda, dan tidak ada transportasinya, dan harga mahal, kami solusinya dalam pengiriman barang partai besar minimal 100 kg dan kubikasi 0,5 m3. kami siap membantu mengatasi solusi pengiriman barang jauh lebih murah dibandingkan ekspedisi yang lainnya.
    ketepatan kami dan kecepatan kami adalah solusi utama.
    pelayanan kami adalah prioritas kami
    keluhan costumer adalah pembelajaran kami untuk memberikan solusi terbaik buat costumer kami.
    karena kepercayaan costumer prioritas kami,
    segera join dan gabung dalam pengiriman barang
    hub segera contact person,
    atau kunjungi website kami. www. indojayaabadi.com
    atau telpon ke hp 0822 9801 3552
    kami tunggu barang anda ke kami dan kami siap mengirim barang anda dengan tepat waktu.

    BalasHapus

Komentar Anda untuk kemajuan kami. Terima Kasih.