Sabtu, 27 Juni 2015

Truck Yang Kuat

Truck Tata India (diunggah dari snipview.com)

]

Pernah lihat truk dari Negara India kalau tidak salah mereknya TATA. Kelihatan bentuknya klasik tapi bagus dan sangat antik juga kuat menyesuaikan trend truk disana sangat bagus luar biasa.Muatan besar seperti jenis tronton dilihat dari jumlah bannya yang 10 unit.
 Melewati keramain kota dan daerah Grand Trunk Road jalan yang menghubungkan pakistan dan banglades pegunungan tinggi dengan tebing yang dalam dan curam. Sangat extrem untuk dilewati truk, tapi tidak di negara india selalu bisa dilewati, Fantastis.

Kamaz fr youtube
Atau truk yang ada di Negara Rusia yang dapat berjalan membelah sungai berarus deras berbatuan dan kedalamannya sungai mencapai setengah tinggi truknya sendiri. Luar biasa kuat dan tangguh yang kalau tidak salah merek KAMAZ dari Negara Rusia.
Jangan coba-coba ya..truk Indonesia jika tanpa persiapan, seperti itu bisa-bisa sudah masuk air mesin truknya, atau bisa terjadi kabel konsleting. Don't Try this at home....
Masing-masing truk mempunyai keistimewaan dan keunggulan tersendiri guna menaklukkan dan beradaptasi dengan kondisi medan yang ada disana. 

Kalau di Indonesia juga mempunyai karakteristik jenis truk yang digunakan. Yaitu truk di Indonesia dapat membawa muatan lebih berat dibanding truk sekelasnya yang ada di luar negeri. Truk yang cocok dan banyak digunakan di Negara Indonesia untuk usaha angkutan Khususnya wilayah Bogor truk tronton pasir masih dikuasai  merek tertentu seperti Hino dan Mitsubishi. Merk lain ada tapi tidak banyak, merk baru ada tapi tidak lama beredarnya. Kenapa? ini ada beberapa pendapat orang yang bisa saya tangkap.

1. Kekuatan Ban sangat perlu di perhatikan umur pakai agar supaya umur pakai dapat bertahan lama. Untuk ban yang beredar sudah digunakan oleh pengusaha truk di Indonesia sudah dapat dipastikan kekuatannya tidak perlu diragukan lagi.

Catatan : Ada beberapa ketentuan aturan main mengenai ban kepada supir yang diterapkan pengusaha truk mengenai kebijakannya antara lain:
menggunakan cara
                            - Ritasi, supir ditarget pemakaian ban hrs mencapai sekian rit. kalau sudah target menjadi hak supir, kalau belum target secara ritasi akan dkenakan denda per rit dengan jumlah tertentu..
                             -Jarak tempuh kilometer, begitu juga menggunakan jarak kilometer kalau tidak target denda ke supir per kilometer.
Menggunakan ban vulkanisir bisa juga dipakai, biasanya saya jumpai hanya dilokasi tambang atau cuma buat langsir pasir atau istilahnya "ngepok". Lokasi yang jauh dari keramaian penduduk karena resiko ban pecah bisa diminimalisir kalau terkena orang dan benda lainnya.

2. Sasis
Kekuatan sasis yang sering dipakai disini yaitu sasis yang lentur tidak kaku karena pemakaian sasis yang demikian cocok diterapkan didaerah sini. Pertimbangannya sasis yang lentur mudah untuk bergerak tidak terjebak terlalu lama didalam lumpur didaerah tambang yang medan kondisi jalan off road sangat berat. Sasis lentur sangat mudah keluar dari jebakan lumpur dan pasir dari pada truk yang mempunyai sasis sangat kokoh sehingga menjadi sangat kaku. Penggunaan ban juga tidak terlalu boros alias awet.

3. Mesin
Kuat awet dan handal, hampir semua mekanik kelas Atpm sampai bengkel kakilima bisa menguasainya apabila ada troubel. Perawatan mudah apalagi bisa secara manual merawatnya alias supir kenek bisa mengatasi dijamin truk akan menguasai pasar disini.

4. Gigi persneleng
 Tidak gampang rusak dengan kondisi jalan dan muatan berat apalagi murah suku cadangnya banyak tersedia stoknya, akan disukai para pengusaha truk.

5. Suku cadang spare parts baik baru dan bekas mudah didapat dan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda untuk kemajuan kami. Terima Kasih.